Segudang Mudarat, Dibalik Manfaat Hp.



   
       Handphone atau biasa disebut Hp adalah suatu alat yang digunakan sebagai sarana komunikasi. Hp bisa digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh, sehingga memudahkan kita untuk bisa tetap berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh. Seiring dengan perkembangan jaman, Hp pun sudah menjadi hal biasa. Hampir semua orang memilikinya, walaupun di pelosok desa. Tentu orang-orang mau memiliki Hp karena Hp bisa memberikan beberapa manfaat.

1. Sebagai sarana komunikasi
       Fungsi yang paling utama dari sebuah Handphone adalah sebagai sarana komunikasi. Karena dengan adanya Hp kita bisa saling berinteraksi walaupun dengan jarak yang jauh, entah itu berupa audio, audio visual, ataupun berupa teks. Sehingga Hp bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi yang efektif dan bisa
mendekatkan orang-orang yang jauh dengan tetap bisa berkomunikasi menggunakan Hp.

2. Sebagai sarana hiburan
       Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini Hp sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Misalnya ada fitur game, pemutar musik, photo editor, dan masih banyak lagi. Kita bisa menggunakannya kapanpum kita mau, terutama saat kita sedang merasa bosan. Misalnya saat kita sudah merasa bosan, kita bisa bermain game atau mendengarkan musik memakai Hp tersebut. Sehingga kita bisa terhibur dan mulai mood kembali.

3. Sebagai sarana pendidikan.
      Saat ini, hampir kebanyakan Hp dilengkapi dengan fitur browser. Tentu hal ini sangat menguntungkan, karena dengan begitu kita bisa dengan gampang mencari materi-materi pelajaran melalui internet tanpa harus selalu bertanya pada guru.

4. Sebagai sarana mencari teman.
       Masih dengan fitur browser. Selain digunakan sebagai sarana pendidikan, browser dalam Hp juga bisa digunakan sebagai sarana menambah teman. Karena kita bisa membuka situs jejaring sosial yang memudahkan kita untuk bisa berinteraksi dengan orang lain, meskipun orang itu belum kita kenal. Nah, otomatis dengan hal itu kita bisa dengan mudah menambah teman.

5. Tempat menyimpan data
       Biasanya untuk menyimpan data kita membutuhkan flashdisk atau sejenisnya. Namun bagaimana jika kita tidak membawanya ? Bisakah kita tetap meyimpan data ? Tentu saja bisa. Saat ini Hp juga sudah dilengkapi oleh memori, entah itu memori internal atau eksternal. Sehingga kita bisa menyimpan data memakai Hp.

6. Tampil lebih pd dan menghindari salting
       Saat ini, Hp masih menjadi trend dalam masyarakat. Sehingga saat kita berjalan mambawa Hp, kita akan menjadi lebih pd. Selain itu, kita juga bisa menghindari salting memakai Hp. Saat kita sedang berada di suatu tempat dan kita tidak ada kerjaan sedangkan orang lain pada sibuk dengan kerjaannya, pasti kita akan merasa bingung dan salting. Namun kita bisa menggunakan Hp untuk menghindari hal itu, kita bisa pura-pura menelfon, sms, bermain game atau mendengarkan musik sehingga kita tampak sedang melakukan suatu pekerjaan.

       Namun, kamu jangan sampai terlena akan manfaat-manfaat Hp tersebut. Karena dibalik itu semua, Hp juga menyimpan sgudang mudarat ( dampak negatif ).

1. Tempat nonton video porno
       Saat ini Hp sudah banyak dilengkapi dengan fitur bluetoth, infrared, ataupun internet sehingga orang-orang bisa dengan mudah mengakses video tersebut dan menontonnya dengan fitur pemutar video yang juga telah tersedia dalam Hp tersebut.

2. Pemborosan uang
       Hp dan pulsa, dua kata tersebut memang selalu berkaitan. Untuk bisa nelfon, sms, atau berinternet kita tentu membutuhkan pulsa. Namun pulsa itu tidak gratis, sehingga kita harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Jika pulsa tersebut digunakan sebaik-baiknya untuk hal penting, tentu saja tidak papa. Namun banyak orang yang menggunakannya untuk hal yang kurang penting. Sehingga saat pulsanya habis, mereka akan membeli dan membeli lagi. Hal inilah yang dapat membuat terjadinya pemborosan uang.

3. Membuat lalai, malas dan lupa waktu
       Saat ini Hp hampir digunakan orang setiap waktu, hal inilah yang bisa membuat seseorang lalai dan malas. Misalnya saja saat berkendara, orang-orang banyak yang masih memakai Hp meskipun saat berkendara sehinnga bisa merusak konsentrasi dan menjadi lalai saat berkendara. Sehingga terjadi kecelakaan. Contoh lainnya adalah seorang siswa yang selalu bermain game atau browsing internet, sehingga dia jadi malas belajar dan lupa waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

4. Sering terjadi penipuan
       Biasanya orang-orang licik juga menggunakan Hp sebagai sarana penipuan. Misalnya si penipu mengirim sms agar dia diisi pulsa oleh korban dengan mengaku bahwa dia adalah ibunya. Jika si korban tidak tertipu, tentu tidak papa. Namun jika korban sudah tertipu, pasti akan rugi.

5. Sebagai sarana contekan
       Saat ujian, masih banyak siswa yang memegang Hp dengan maksud untuk menjadikan Hp sebagai sarana contekan. Contekan itu bisa berasal dari teman atau sudah dipersiapkan sebelumya. Tentu hal ini merugikan, karena bisa menurunkan minat belajar siswa.

6. Menganggu kesehatan
       Jika kita menggunakan Hp terlalu lama, apalagi didekatkan dengan telinga. Kita beresiko untuk terkena penyakit tuli. Karena jika kita sudah terlalu lama mendekatkan Hp dengan telinga, otot telinga kita juga akan merasa lelah. Selain itu, Hp juga bisa menyebabkan kanker otak. Hal ini disebabkan karena Hp juga memancarkan radiasi yang masuk ke otak.

7. Terpancingnya kriminalitas
       Saat kita sedang dalam perjalanan, kita harus berhati-hati. Salah satunya dengan tidak memperlihatkan Hp. Karena jika Hp kita terlihat, maka akan terpancing kriminalitas. Tak jarang terjadi pencopetan Hp di tempat-tempat umum. Jika sudah mencopet, para pelaku biasanya tak hanya mengambil satu barang. Mereka akan mengambil barang-barang lainnya, bahkan sampai melakukan kekerasan.


      Nah, banyak juga mudarat Hp kan. Namun kita tidak bisa menyalahkan teknologi, itu semua tergantung dari bagaimana orang-orang menggunakan Hp.

Terima kasih


Responses

5 Respones to "Segudang Mudarat, Dibalik Manfaat Hp."

Bachtiar mengatakan...

Ane malah pake hp buat ngeblog. Mulai dari posting, pasang widget, ampe komen kaya skarang. Nice artikel gan, ditunggu komen balik dan kunjunannya :D


17 Juli 2012 pukul 19.23
Rijal Isnaini mengatakan...

@Bachtiar memang ada positifnya, tapi juga banyak sisi negatifnya gan.
ok, ane mau kunjungi gan


18 Juli 2012 pukul 01.36
ca'oni prend mengatakan...

sekedar mampir gan . .
nice artikel sobbb
di tunggu follbek nya gan . .


26 Juli 2012 pukul 23.44
Rijal Isnaini mengatakan...

@ca'oni prendmakasih udah mampir,, siap gan


27 Juli 2012 pukul 02.41
Unknown mengatakan...

Bagus sx artikelnya


5 Mei 2019 pukul 17.50

Posting Komentar

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors