Daur Ulang Jadi Solusi



Assalamualaikum wr. wb.

Hello All . . .
          Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata daur ulang kan ? ? ?
Ya tepat, daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan utama untuk mengurangi adanya sampah dan membuatnya menjadi sesuatu yang berguna, sehingga lingkungan menjadi bersih.
       
         Sampai saat ini masih banyak orang-orang yang menyepelekan sampah atau barang bekas dengan membuangnya sembarangan. Padahal meskipun sampah ini termasuk hal " kecil ", sampah atau barang bekas yang menumpuk bisa mengakibatkan timbulnya penyakit, banjir, bahkan juga akan menyebabkan terjadinya global warming.


          Nah oleh karena itu sebaiknya kita harus bisa menjaga kebersihan, salah satunya dengan mendaur ulang barang bekas. Daur ulang sendiri juga memiliki beberapa manfaat, yaitu :
  • Membersihkan lingkungan
     Selain untuk membuat sesuatu menjadi berguna, daur ulang juga bisa membuat lingkungan jadi bersih. Sebab dengan mendaur ulang otomatis kita mengambil sampah sampah atau barang bekas yang ada sehingga sampah sampah atau barang bekas tersebut berkurang dan tidak mengotori lingkungan.

  •  Terhindar dari penyakit dan bencana
     Dengan daur ulang lingkungan akan menjadi lebih bersih, sehinnga dapat mencegah timbulnya sarang penyakit dan terjadinya banjir atau global warming akibat sampah yang menumpuk. Jadi kita bisa hidup lebih sehat dan nyaman. 


  • Meningkatnya kreativitas & Mengurangi pengangguran
     Selain berpengaruh pada lingkungan, daur ulang juga bisa berpengaruh pada manusia yaitu  meningkatnya kreativitas. Kreativitas kita menjadi meningkat karena disetiap kita mendaur ulang, kita akan berfikir untuk membuat sesuatu yang baru. Untuk masalah pengangguran, daur ulang juga bisa jadi solusi. Sebab dengan daur ulang para pengangguran bisa membuat sesuatu yang berguna dan bisa menjualnya sehingga mereka akan mendapat uang. Tentu saja hal ini lebih baik dari pada mereka hanya diam meratapi nasib.

  • Tercipta sesuatu yang baru yang berguna
     Saat kita hendak mendaur ulang sampah atau barang bekas, pasti otak kita akan berfikir apa yang akan kita buat dan apakah fungsinya. Setelah itu kita pasti akan menuangkan ide tersebut pada barang bekas itu dan mulai membuat sesuatu yang baru dan berguna. Dari itulah akan tercipta sesuatu yang baru yang bisa memberikan manfaat. Misalnya kertas daur ulang, kaleng bekas yang dijadikan celengan, atau kardus yang dibuat jadi pigura.
        
          Oleh karena itu Daur Ulang juga bisa menjadi solusi. Tapi ingat, jangan pernah sesekali anda meremehkan hal kecil seperti sampah, barang bekas, dll ! ! ! Karena hal kecil pun bisa membuat sesuatu yang besar.

          Setelah membaca hal diatas, apakah kalian mau memulai membersihkan lingkungan dengan mendaur ulang ? ? ?
         Go Green !
       
         Terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.


Responses

1 Respones to "Daur Ulang Jadi Solusi"

Rijal Isnaini mengatakan...

Makasih dan Amin . . .


14 Juni 2012 pukul 01.48

Posting Komentar

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors